Cari Blog Ini

Rabu, 19 Mei 2010

Biar Cangkokan Cepat Tumbuh


Sekarang sudah bukan zamannya lagi menanam pohon dari biji. Selain lama tumbuhnya, kualitas buahnya juga belum tentu sama dengan induknya. Maka, kini bnayak pedagang tanaman menjual bibit cangkokan. Memang akarnya tidak cukup kuat tapi waktu berbuah jadi singkat dan rasa buah tetap sama dengan induk.


Selain dengan membeli, bibit cangkokan bisa juga diperoleh dengan mencangkok sendiri. Bahkan ada toko yang menjual paket cangkokan. Kita tinggal mengerat dahan yang mau di cangkok., lalu paket tadi tinggal ditempel dan diikat. Mudah dan praktis.


Untuk mencangkok sendiri, cobalah cara alamiah yang telah terbukti dalam pencobaan. Cara ini tidak menggunakan cairan perangsang akar. Juga tidak menggunakan tanah sebagai pembungkus batang, melainkan menggunakan lumut. Dengan lumut ternyata pertumbuhan akar lebih cepat. Caranya:

  1. Setelah kulit batang dikupas, bersihkan batang dari kambium(lendir yang terdapat antara lendir dan kayu) dengan pisau.
  2. Tutuplah batang yang telah terkelupas dengan lumut yang menempel di tebing-tebing. Lebih baik lagi dipilih lumut yang tumbuh di tebing-tebing padas.
  3. Bungkuslah dengan sabut kelapa, tapi jangan terlalu kencang. Jangan lupa ujung atas dan bawah pembungkus diikat pakai tali.


Jika saat mencangkok bukan musim hujan, jangan lupa rajin-rajin menyiraminya. Tak butuh waktu lama, akar segerah mencul menembus serabut kelapa pembungkus. Kalau sudah begitu siapkan lahan dan segera tanam bibit cangkokan.

Tidak ada komentar: