RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : XI/ 2
Program keahlian : IPA
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Standar Kompetensi : Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada saling temas.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan atau penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah.
Indikator : Membedakan antara pembuluh darah vena dan nadi.
Membedakan peredaran darah balik dan peredaran darah nadi
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit ( 1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mendeskripsikan mekanisme peredaran darah pada manusia
B. Materi Pembelajaran
Proses sistem peredaran darah manusia.
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, tugas, ceramah, card sort,
D. Langkah-Langkah
1. Kegiatan Awal (3 menit)
a. Guru memgucapkan salam serta membuka pertemuan di kelas.
b. Guru mengabsen siswa serta menanyakan kabar siswa.
c. Guru memberikan apresepsi tentang alat-alat kardiovaskuler.
d. Guru memberi pertanyaan tentang alat-alat kardiovaskuler.
e. Guru menampilkan tayangan analogi yang berkaitan tentang materi
f. Guru memberikan motivasi bahwa dengan mempelajari alat-alat kardiovaskuler siswa dapat menjaga kesehatan alat-alat tersebut
g. Guru memberitahukan pada siswa bahwa kita akan mempelajari sistem peredaran darah
2. Kegiatan Inti (9 menit)
a. Guru menuliskan judul materi di whiteboard.
b. Guru memberikan materi tentang sistem peredaran darah
c. Guru memberikan kartu yang berisi tentang materi potongan materi
d. Kemudian guru menyuruh siswa agar mencocokkan kartu yang di dapat dengan kartu yang lain yang dimiliki oleh temannya.
e. Setelah menemukan kecocokan siswa melakukan diskusi dengan temannya
f. Guru menyuruh siswa maju ke depan dan menempelkan kartu tersebut.
g. Siswa membahas hasil kerjanya yang telah di tempelkan di depan dan guru memantau.
h. Guru membagikan soal-soal.
3. Penutup. (3 menit)
- Guru memberikan penyimpulan tentang materi yang telah di sampaikan
- Guru memberikan tugas rumah pada siswa.
E. Alat dan Sumber Bahan
1. LCD dan komputer
2. LKS
3. Buku pendamping lain yang relavan.
4. Bahan presentasi.
F. Evaluasi / Penilaian
1. Prosedur tes
a. Tes awal – ada pada kegiatan awal.
b. Tes dalam proses: ada dalam kegiatan kelompok
c. Tes formatif ada pada tes mandiri
2. Jenis tes : Tertulis, Individu
3. Bentuk test : Soal dan Quis.
4. Alat test : Instrumen / soal terlampir
5. Kunci jawaban: Terlampir
Semarang, 3 juni 2010
Guru Pengampu
Bellezaclaudy, M. Pd
Nim 073811038
Tidak ada komentar:
Posting Komentar