Cari Blog Ini

Senin, 31 Mei 2010

Melawan Rasa Tak Nyaman

Sering kita merasa tak nyaman, serba salah, lesu, atau kecewa, tanpa tahu persis apa penyebabnya. Akibatnya, tugas-tugas yang mestinya di selesaikan malah terbelengkalai. Berikut ini tips untuk mengatasinya.

  1. Berolah Raga

Terutama olah raga yang bersifat aerobik, seperti lari, bersepeda, jalan santai, atau renang. Lakukanlah sedikitnya 20 menit 3-5 kali seminggu.

  1. Gunakan Permainan Warna(Gradiasi Warna)

Untuk menghindari kemarahan, jauhi warna merah. Untuk mengatasi depresi, hindari warna yang membuat anda merasa lelah, seperti hitam atau biru tua, sedangkan untuk mengurangi kecemasasn, pilihlah warna-warna netral.

  1. Cobalah Mendengarkan Musik.

Mendengarkan musik yang sesuai dengan perasaan yang anda rasakan, misalnya jika sedang sedih, cobalah mendengarkan musik melankolis. Sekilas hal itu sepertinya menambah kesedihan. Tapi setelah 3 atau 4 lagu, biasanya akan muncul perubahan positif.

  1. Makan Dengan Benar

Menurut penelitian, karbohidrat adalah makanan yang memiliki efek menenangkan, sedangkan protein cenderung meningkatkan kewaspadaan dan energi mental.

  1. Tidur Dan Bermimpilah

Dengan tidur kelelahan akan berkurang. Sedangkan dengan mimpi, kejadian-kejadian yang menekan akan tereliminasi perlahan-lahan.

  1. Selalu Positif Thinking

Rasa tak nyaman sering muncul dari pikiran-pikiran tak realistis. Sebuah penelitian menunjukkan, menemukan hal-hal lucu jauh lebih baik ketimbang menangis.

Tidak ada komentar: